Rabu, 28 Januari 2015

Setiap Batik Ternyata Punya Filosofi Lho!



Batik merupakan salah satu karya seni khas ciptaan Indonesia. Warisan leluhur yang satu ini memang patut dilestarikan karena mempunyai filosofi lho, Moms. Coraknya bukan sekedar gambaran saja, karena batik ternyata menyimpan sejuta makna, seperti berikut ini.
Sido Luhur
Biasanya corak ini digunakan oleh pengantin saat resepsi atau upacara pernikahannya. Motif dasar seperti wajik, membuat kain ini memiliki kemewahan yang tersendiri. Artinya, pemakainya
diharapkan memiliki budi luhur dan bisa menjadi pasangan suami istri yang bermartabat.
Sido Mulyo
Motif dasar berbentuk seperti wajik ini memiliki warna lebih muda, identik dengan harapan agar keluarga yang dibina bisa langgeng. Serupa dengan arti kata dari “mulyo” yang diartikan dengan kemuliaan, sehingga hubungan Anda dan pasangan bisa langgeng terus-menerus.
Sekar Jagad
Identik dengan warna-warni yang ceria, memberikan lambang kebahagiaan serta kegembiraan akan acara yang sedang dilangsungkan. Corak yang satu ini juga paling cocok digunakan oleh wanita yang menyukai fashion dan sentuhan colorful yang sedikit berbeda.
Parang
Meskipun terlihat sederhana, batik parang ternyata memberikan kesan tajam dan wibawa dalam kepemimpinan. Motif yang satu ini juga identik digunakan oleh bangsawan dulunya. Besar kecilnya corak parang menggambarkan status sosial pemakainya.
Udan Riris 
“Udan” memang diartikan sebagai hujan yang juga melambangkan rezeki. Makna dari corak ini dapat melukiskan panen raya, mendapatkan banyak keuntungan dan momen bahagia lainnya.

Sumber : Molto.co.id

Setiap Batik Ternyata Punya Filosofi Lho!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar